Berita Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga yang Baik & Benar

Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga yang Baik & Benar

-

Menurut Tchobanoglous dalam Suhartono (2009), limbah domestik atau dikenal dengan sebutan limbah rumah tangga adalah sampah yang berasal dari kegiatan sehari-hari yang terjadi dalam rumah tangga (tidak termasuk tinja dan sampah spesifik). Jika terlalu banyak sampah yang menumpuk atau bahkan sembarangan dibuang, maka akan menjadi masalah yang bisa timbul di kemudian hari.

Mengingat dalam pemenuhan kebutuhan harian kitalah yang menghasilkan sampah tangga tersebut, maka kelestarian lingkungan pun menjadi tanggung jawab kita bersama. Caranya adalah dengan mengolah limbah rumah tangga tersebut menjadi hal yang lebih bermanfaat.

Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengelola limbah rumah tangga, yaitu:

1. Memilah Sampah

Kita bisa menyiapkan tempat untuk sampah organik dan sampah anorganik agar tak tercampur. Selain itu, kita juga bisa menyiapkan wadah untuk sampah kering yang dapat diolah kembali. Biasanya, di tempat umum pun diberlakukan kategori sampah tersebut yang ditandai dengan warna tempatnya. Setiap warna tempat sampah ini memiliki arti yang berbeda.

2. Memanfaatkan Sampah Organik

Setelah dipisahkan, sampah organik bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal. Kita bisa mengolahnya menjadi pupuk kompos untuk berkebun. Selain itu, juga bisa menjadikannya pakan jika beternak atau bahkan menyumbangkannya kepada pihak yang membutuhkannya.

3. Mengolah Sampah Anorganik

Sampah anorganik kering dapat kita olah menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan lagi, misalnya botol untuk tempat alat tulis, pot tanaman, atau tempat lainnya. Kita pun Bisa mengumpulkannya kemudian menyerahkannya ke bank sampah.

4. Mengganti Alas Sampah

Kebanyakan orang melapisi tempat sampahnya dengan menggunakan plastik, dengan tujuan mempermudah saat pembuangan nanti, namun secara tak disadari hal tersebut malah membuat sampah plastik menjadi lebih banyak, mengingat jenis plastik merupakan sampah yang sulit diuraikan. Jadi, solusinya adalah mengganti alas sampah dengan koran ataupun kardus.

5. Meminimalisir Penggunaan Plastik

Ada kaitannya dengan cara pengolahan limbah rumah tangga poin sebelumnya, bahwa kita sebaiknya lebih bijak dan meminimalisir penggunaan plastik. Seperti halnya gerakan diet kantong plastik yang akhir-akhir ini banyak dijalankan masyarakat merupakan langkah nyata peduli kita terhadap lingkungan.

Sebetulnya, pemerintah di beberapa daerah pun ada yang menetapkan harga pembelian plastik saat belanja. Hal tersebut diharapkan agar masyarakat mau membawa kantong belanja sendiri yang dapat digunakan berulang kali. Selain belanja dengan membawa kantong kain/ goodie bag sendiri, biasakan untuk membawa alat makan maupun tumbler pribadi untuk mengurangi banyaknya sampah atau limbah rumah tangga.

6. Menyikapi Sisa Minyak Jelantah

Setelah selesai memasak, biasanya ada sisa minyak jelantah yang tak terpakai. Jangan dibuang ke saluran pembuangan dapur ataupun wastafel ya. Karena bisa berdampak tidak baik, yaitu menyumbat pipa dan lebih parahnya lagi, mencemari air di daerah kita.

Baiknya simpan dalam wadah khusus, dinginkan dan kita bisa sumbangkan ke instansi pengolahan minyak. Sisa minyak tersebut kemudian menjadi biodiesel yang merupakan bahan bakar non toksik dan dapat terurai sehingga dapat menggerakkan mesin mobil sekaligus membantu lingkungan.

7. Mengelola Sampah Berbahaya

Seperti apakah sampah yang berbahaya itu? Jenis sampah yang mengandung bahan kimia seperti halnya baterai ataupun sisa botol dan tempat tinta. Jangan dibuang di tempat sampah biasa atau bahkan dibuang sembarangan. Karena bisa jadi pencemaran lingkungan. Solusinya adalah dengan memisahkannya, kemudian menyerahkannya ke pusat daur ulang sampah yang dapat mengelolanya dengan benar. Kemudian, sampah bekas barang elektronik pun kita dapat serahkan ke toko atau perusahaan yang memproduksinya untuk dimanfaatkan maupun didaur ulang menjadi hal yang lebih bermanfaat.

Untuk lingkungan yang sehat, marilah bertindak bijak untuk sebisa mungkin mengurangi limbah rumah tangga dengan mengolah, memanfaatkan kembali atau mengelolanya. Apa yang kita lakukan saat ini, akan bermanfaat untuk anak-cucu kelak nanti. Lingkungan bersih memang berpengaruh untuk kesehatan kita sendiri.

Selain dengan 7 cara mengelola sampah secara mandiri diatas, kamu juga dapat bekerja sama dengan perusahaan pengelola sampah seperti Waste4Change untuk mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi.

Waste4Change sendiri merupakan perusahaan pengelolaan sampah swasta terbesar saat ini.  Waste4Change menawarkan jasa pengelolaan sampah holistik dari hulu ke hilir yaitu bukan hanya jasa pengangkutan dan daur ulang, namun juga edukasi dan konsultasi terkait manajemen sampah.

Pada praktiknya, jasa manajemen sampah bertanggung jawab yang ditawarkan oleh Waste4Change mendukung prinsip 3R (Reduce-Reuse-Recycle), ekonomi sirkular, bebas sampah, serta regulasi pemerintah Indonesia terkait pengelolaan sampah. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi link berikut ini https://waste4change.com/

Semoga bermanfaat 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Channel Youtube Recommended Untuk Nonton Video Futsal Indonesia Terlengkap!

Sekarang ini Youtube sudah menjadi satu diantara fasilitas selingan warga Indonesia. Tidaklah aneh ingat Youtube jadi gudangnya info dari...

Beberapa Fakta Penting Tentang Perawatan Mesin Mobil

Apa sebenarnya mesin mobil yang terlalu panas? Ketika mesin mobil Anda mulai mengeluarkan suara yang tidak biasa, mulai berhenti,...

Bisnis Percetakan Buku yang Menguntungkan

  Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari bisnis percetakan buku, tentu terdapat berbagai kiat-kiatnya. Namun terlepas dari ada beberapa...

Keuntungan Menggunakan Jasa Sewa Alat Kesehatan di Banggai

Punya perlengkapan klinis terbaik untuk mengerjakan sistem kesehatan yang diingini pasien dapat bikin sebuah service kesehatan punyai prestise tepat...

Tips Memilih Tepung Berkualitas!

  Apakah anda berencana untuk memasak dengan bahan utama berupa tepung? Jika iya, maka Anda membutuhkan jenis tepung yang berkualitas...

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek Rumah Saat Ini Ala Emporio Architect

Untuk mendapatkan rumah impian yang sesuai dengan ekspektasi di kepala anda, maka Anda perlu menggunakan yang namanya jasa arsitek...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you