Berita Inilah Makanan Penyebab Diare yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Makanan Penyebab Diare yang Perlu Anda Ketahui

-

Hampir semua orang pernah mengalami sakit diare, mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Diare merupakan kondisi dimana seseorang menjadi buang air besar terlalu sering dengan tinja yang lebih encer atau bahkan berdarah. Selain itu, kondisi ini biasanya juga disertai dengan gejala, seperti perut mulas, mual, dehidrasi, sakit kepala, badan lemas, hingga kulit kering. Kondisi ini tentunya membuat tubuh kurang nyaman digunakan untuk beraktivitas. Karena sebentar-sebentar harus ke toilet untuk buang air besar. Belum lagi harus merasakan berbagai gejala yang sudah disebutkan sebelumnya.

Penyebab diare sebagian besar disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri di usus besar. Namun diare juga bisa dipicu oleh penyebab lain, seperti mengonsumsi jenis makanan tertentu yang memicu diare. Adapun makanan yang memicu diare pada masing-masing orang bisa berbeda-beda. Tetapi umumnya jenis makanan, seperti susu, makanan pedas, dan kelompok sayuran tertentu tergolong menjadi jenis makanan yang kerap memicu diare.

Jika Anda memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu, maka jika dikonsumsi akan menyebabkan diare. Selain karena intoleransi, diare yang disebabkan oleh makanan juga bisa terjadi karena malabsporis, yaitu kondisi dimana usus kecil kurang bisa menyerap nutrisi dari makanan yang sudah dikonsumsi. Namun ada juga jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan diare, bahkan jika dikonsumsi oleh mereka yang tidak memiliki intoleransi makanan. Biasanya jenis makanan penyebab diare ini mengandung banyak bumbu, minyak, bahan buatan, atau stimulan usus besar, antara lain:

1. Makanan pedas.

Jenis makanan yang satu ini menjadi salah satu penyebab diare yang paling umum. Hal ini terutama karena adanya bumbu kuat dalam makanan pedas yang tidak biasa masuk ke dalam tubuh. Bumbu makanan pedas, seperti cabai rawit, campuran kari, dll mengandung capsaicin dan bahan kimia yang mampu memberikan sensasi rasa panas. Capsaicin memang bagus untuk kesehatan tubuh karena bisa mengobati nyeri dan radang sendi.

2. Susu dan produk olahannya.

Jika setelah mengonsumsi susu, seseorang mengalami diare. Maka kemungkinan besar orang tersebut mengalami intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa merupakan kondisi dimana tubuh tidak memiliki enzim untuk memecah gula tertentu pada produk olahan susu, sehingga justru membuang kandungan gulanya ini dengan cepat dan dalam bentuk diare.

3. Kopi.

Mengonsumsi kopi bisa memberikan stimulan tersendiri. Mulai dari lebih waspada hingga merangsang sistem pencernaan tubuh. Sehingga tak heran jika ada sebagian orang yang langsung mengalami diare setelah mengonsumsi minuman kopi.

4. Makanan yang mengandung kafein.

Selain mengonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi, jenis makanan yang berkafein juga bisa memicu terjadinya diare, seperti coklat, minuman bersoda, minuman berenergi, dan teh hijau.

5. Bawang putih dan bawang bombay.

Kedua jenis bawang ini mengandung jus yang bisa melepaskan gas dan mengiritasi usus besar jika diurai oleh asam di perut. Selain itu juga mengandung fruktan yang sulit untuk dicerna tubuh. Serat tidak larut dalam bawang putih dan bawang bombay juga bisa menyebabkan makanan lebih cepat melewati sistem pencernaan.

6. Brokoli dan kembang kol.

Kedua jenis sayuran ini sangat kaya akan nutrisi dan serat. Namun brokoli dan kembang kol juga bisa menyebabkan saluran pencernaan menjadi sulit dalam memprosesnya, sehingga menyebabkan diare.

7. Makanan cepat saji.

Jenis makanan, seperti makanan berminyak atau digoreng, makanan berlemak, dll mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang bisa memicu penyakit diare dan memperparah gejalanya. Hal ini bisa terjadi karena tubuh kesulitan dalam memecahnya.

Itu tadi beberapa jenis makanan penyebab diare yang perlu Anda ketahui. Menghindari jenis makanan tersebut tentunya akan lebih baik agar tidak memicu diare. Jikapun ingin mengonsumsi jenis makanan pedas, digoreng, berlemak, dll, sebaiknya pastikan dalam porsi yang wajar agar Anda tidak mengalami diare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Mengenal NEXO Dan Bitcoin Diamond

  Dalam dunia mata uang kripto ada beberapa istilah seperti NEXO dan Bitcoin Diamond. Nexo sendiri dibuat berdasarkan blockchain ethereum...

Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga yang Baik & Benar

Menurut Tchobanoglous dalam Suhartono (2009), limbah domestik atau dikenal dengan sebutan limbah rumah tangga adalah sampah yang berasal dari...

Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja Melalui GoPay Plus

Kartu Prakerja telah menjadi primadona bagi banyak warga Indonesia yang ingin mendapatkan pelatihan keterampilan. Selain bisa memberikan banyak manfaat...

Mengenal Smooth Love Potion Dan Bitcoin Diamond Dalam Dunia Kripto!

  Smooth love potion erat kaitannya dengan blockchain dalam dunia crypto. Begitu juga dengan bitcoin Diamond yang updatenya terus ditunggu....

Cara Mudah, Cepat Tanpa Ribet untuk Cek Tempat Olahraga di Jakarta Lewat Doogether

  Jakarta menjadi salah satu ibukota dengan penduduk padat di dunia, ini sudah terbukti kemacetan yang tidak terelakkan. Masyarakatnya mempunyai...

PENGGUNA PADI UMKM, BEGINI CARA MERAWAT BARANG ELEKTRONIK YANG BAIK DAN BENAR

Simak cara yang bisa dilakukan supaya barang elektronik dan komputer lebih awet usianya. Berikut ini informasi selengkapnya untuk Anda...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you