Pertanian Hal yang Perlu Diperhatikan pada Proses Pengolahan Kacang Hijau

Hal yang Perlu Diperhatikan pada Proses Pengolahan Kacang Hijau

-

Proses pengolahan kacang hijau – kacang hijau termasuk tanaman yang memiliki durasi penanaman yang singkat. Permintaan terhadap kacang hijau terus meningkat, sehingga kacang hijau memiliki prospek bisnis yang baik ke depannya.

Proses pengolahan kacang hijau yang dilakukan dengan maksimal akan menghasilkan hasil produksi yang maksimal. Berikut ini adalah penjelasan mengenai proses pengolahan kacang hijau yang lengkap, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang maksimal bagi industri bisnis kacang hijau.

Pemilihan jenis lahan

Proses pengolahan kacang hijau diawali dengan proses pemilihan lahan. Pada industri yang menggunakan mesin untuk pemanenan, lahan yang digunakan adalah lahan dengan tingkat keseragaman tanah dan residu tanaman yang merata serta bebas dari materi pengganggu seperti pohon tumbang dan batu atau kerikil yang berpotensi mengurangi kematangan kacang hijau.

Lahan yang digunakan untuk proses pengolahan kacang hijau adalah lahan yang memiliki rotasi tanam yang baik. Rotasi tanam yang baik yaitu misalnya setelah penanaman tanaman serealia atau biji-bijian kemudian baru dilakukan penanaman untuk kacang hijau.

Tanaman kacang hijau termasuk tanaman yang sensitif terhadap herbisida, sehingga tindakan pendahuluan seperti pemilihan lahan yang minim residu herbisida perlu dilakukan dengan cermat.

Tanaman kacang hijau termasuk tanaman yang lebih menyukai jenis tanah yang kering dengan tekstur sedang sampai keras. Tanaman kacang hijau tidak dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang terlalu keras atau terlalu basah.

Tanah untuk menanam padi tidak cocok digunakan untuk menanam kacang hijau karena teksturnya yang keras. Kacang hijau cocok tumbuh pada lahan tanpa pengolahan, karena lahan tanpa pengolahan dapat meningkatkan kelestarian tanah dari sisa tanaman setelah musim hujan dan juga mengrangi risiko gagal panen.

Inokulan

Dalam proses pengolahan kacang hijau dibutuhkan inokulan untuk menginokulasi kacang hijau. Inokulan digunakan dengan cara disemaikan pada tanah yang lembab untuk meningkatkan jumlah populasi rhizobia.

Penggunaan inokulan bertujuan untuk meningkatkan hasil panen kacang hijau. Pada penelitian yang pernah dilakukan, ditunjukkan bahwa lahan yang diinokulasi dengan rhizobium memiliki hasil panen yang meningkat sampai dengan 21% dari rata-rata.

Persiapan lahan dan penanaman

Proses pengolahan kacang hijau yang selanjutnya yaitu persiapan lahan dan penanaman. Persiapan lahan dilakukan pada lahan yang sebelumnya telah digunakan untuk menanam dan terdapat residu tanaman pada akhir musim hujan. Berikut ini adalah tahap pengelolahan lahan yang biasa dilakukan:

  • Tanaman kacang yang telah dipetik, sisa tanaman yang tertinggal harus dipotong
  • Penyemprotan herbisida dilakukan segera setelah proses pemotongan
  • Pada tanah tanpa pengelolahan, penyemaian benih dilakukan 7 hari setelah penyemprotan herbisida.

Kacang hijau dapat ditanam pada lahan bekas penanaman padi dari pertengahan November hingga pertengahan Januari tergantung pada masa panen padi dan juga kelembaban tanah.

Pembakaran jerami padi dapat membuat tanah menjadi keras dan dapat mengurangi pertumbuhan kacang hijau.

Penjarakan tanam

Pada proses pengolahan kacang hijau perlu dilakukan pengaturan terhadap jarak tanam. Kacang hijau umumnya disemai dengan jarak 40 cm antar barisnya. Namun, kacang hijau juga dapat disemai dengan jarak semai 18-100 cm.

Jarak semai yang lebar yaitu sekitar 75 cm disarankan untuk lahan tanpa pengelolahan pada wilayah dengan kondisi yang kering. Hal ini akan memudahkan untuk pengecekan terhadap hama serangga, penanaman tanaman dengan ukuran besar menjadi lebih mudah, proses pemanenan menjadi lebih mudah karena tanaman tumbuh lebih tinggi, biaya operasi dapat dikurangi karena penggunaan insektisida menjadi lebih sedikit, dan minimnya risiko kekeringan lahan.

Sedangkan, jarak tanam yang sempit akan sesuai untuk tanah yang telah aktif dikelolah dan yang berada pada lokasi dataran yang sering terjadi banjir.

Populasi tanaman dan kedalaman semai

Proses pengolahan kacang hijau selanjutnya yaitu dengan memperkirakan jumlah tanam atau populasi tanaman pada satu lahan. Pada lahan tanpa irigasi dan kondisi wilayah kering sebaiknya ditanami 20-30 tanaman/meter persegi. Sedangkan, pada lahan dengan irigasi sebaiknya ditanami dengan 30-40 tanaman/meter perseginya.

Keseragaman kepadatan tanaman juga sangat penting untuk menghasilkan tanaman yang dewasa yang seragam pada satu area lahan. Kedalaman tanam dengan menggunakan mesin semai harus dilakukan secara merata untuk memastikan emergensi dari tanaman.

Laju semai yang direkomendasikan dihitung dengan menggunakan uji perkecambahan dan dinyatakan dalam satuan kilogram. Kedalaman tanam yang disarankan yaitu 3-5 cm.

Rumus sowing rate atau laju semai yaitu perbandingan antara target populasi tanaman per meter persegi di kali 10.000 terhadap perkecambahan dikali dengan pembentukan dikali jumlah biji per kilogram.

Kualitas biji

Kualitas biji untuk proses pengolahan kacang hijau harus ideal dan memiliki persentase perkecambahan di atas 90%. Perhatikan juga beberapa varietas benih dengan level dormansi tertentu. Kekerasan biji yang diperbolehkan yaitu di bawah 20%.

Biji yang telah disemai biasanya akan mengalami penurunan kualitas secara cepat, sehingga petani harus membeli benih baru setiap 2-3 tahun. Selain itu, sebaiknya benih yang dibeli memiliki label sertifikasi karena benih yang tidak memiliki sertifikasi akan memiliki kualitas yang rendah dan mudah mengalami kerusakan akibat serangan hama, penyakit, dan juga gulma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Keuntungan Menggunakan Jasa Sewa Alat Kesehatan di Banggai

Punya perlengkapan klinis terbaik untuk mengerjakan sistem kesehatan yang diingini pasien dapat bikin sebuah service kesehatan punyai prestise tepat...

Tips Memilih Tepung Berkualitas!

  Apakah anda berencana untuk memasak dengan bahan utama berupa tepung? Jika iya, maka Anda membutuhkan jenis tepung yang berkualitas...

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek Rumah Saat Ini Ala Emporio Architect

Untuk mendapatkan rumah impian yang sesuai dengan ekspektasi di kepala anda, maka Anda perlu menggunakan yang namanya jasa arsitek...

Mengenal Beberapa Fitur Unggulan Dari Jam Tangan Citizen

  Jam tangan dengan fitur yang lengkap dan fungsional tentu merupakan pilihan bagi banyak orang. Salah satu brand jam yang...

Manfaat Neurobion Tablet Forte Dan Dosisnya!

  Neurobion Tablet forte merupakan obat yang dijadikan sebagai suplemen ataupun vitamin dengan kandungan vitamin B1, B6 dan B12. Suplemen...

Jual Perlengkapan Pancing di Flores Timur

Pernah Memancing? Pastinya ada yang belum pernah, ada yang baru nemenin kawannya saja ketika memancing, dan ada juga yang...

Must read

You might also likeRELATED
Recommended to you